Nyinyir Soal Air Tinja Jadi Air Minum, Ahoker Terdiam Lihat Video ini

Saat warganet ramai menyoroti kasus penghinaan dan ancam tembak Presiden Jokowi yang dilakukan remaja (RJ) keturunan Cina, para pendukung Jokowi malah “bersuara” terkait kasus air tinja jadi air bersih yang diangkat oleh Anies Sandi.

Para pendukung Jokowi-Ahok (kecebong) meributkan dan “nyinyir” ramai-ramai kepada Pemprov DKI yang dipimpin Anies-Sandi yang sebelumnya meluncurkan Alat Pengolah Tinja menjadi air bersih produk anak bangsa.

Namun, seperti yang viral di Media Sosial, para pendukung Jokowi-Ahok ini ternyata fokus di judul berita / headline laman Kompas : “Alat yang Ubah Limbah Tinja Jadi Air Siap Minum”.

Komentar Ahokers :

 

“Usul aja nih pak @sandiuno , apa tdk lebh baik disurvey dulu masyarakt mau gak minum air yg diproses dr tinja? Biar gak mubazir nanti mesin2 dah diinstall sementara masyarakt TDK mau , kecuali memang dr awal warga OKOC dengan ide ini. Mhn dipertimbangkan” — dr_tompi.

“warga jabar dapat bandara baru, warga DKI dapat air sulingan dari Tinja 🤣 #HaturNuhunJokowi” —permadiaktivis.

Saat masih menjabat Gubernur, Ahok pernah menyampaikan “Ahok ingin seperti di luar negeri, air tinja diolah jadi air minum”.

Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menuturkan, selama ini air limbah dari warga langsung dibuang ke laut tanpa ada pengolahan. Padahal sebenarnya air limbah bisa kembali dimanfaatkan menjadi air bersih untuk minum dan kebutuhan lain melalui proses pengolahan.

Dikutip dari pemberitaan laman Merdeka.Com :

“Itu harusnya kalau di luar negeri, semua pembuangan di rumah harus ke pipa. Nah, masuk lalu diolah. Kalau dia bisa mengolah air limbah, air tinja saja bisa diolah jadi air minum,” papar Ahok saat ditemui di Hotel Grand Cempaka, Jl Letjen Suprapto, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Selasa (6/10/2015).

Alat Pengolah Limbah era Anies-Sandi

Perusahaan Daerah Pengelolaan Air Limbah (PAL) Jaya baru saja meluncurkan alat pengolah limbah tinja menjadi air bersih. Alat itu bernama PAL-Andrich Tech System, hasil buatan Andri Oba dan Chairunnas dari PT MJH Lestari Internasional.

Direktur Utama PD PAL Jaya Subekti mengatakan limbah tinja itu dapat diolah menjadi air bersih yang baku mutunya tinggi, yakni 68. Namun dia tak menyarankan air itu dikonsumsi.

“Secara kualitas sebenarnya sudah air minum, tapi kan tidak semata-mata itu,” kata Subekti ketika dihubungi, Jumat, 25 Mei 2018.

Subekti menjelaskan, untuk dapat dikonsumsi, air harus melewati berbagai pengujian sesuai dengan peraturan Kementerian Kesehatan. Selain itu, ada faktor-faktor lain, seperti budaya masyarakat.

“Tidak hanya an sich memenuhi secara bersih ya, tapi secara budaya dan lain-lain juga,” kata Subekti.

Karena itu, Subekti menekankan bahwa air hasil olahan tinja itu tidak untuk dikonsumsi. Kata dia, air bersih hasil olahan itu dapat digunakan untuk utilitas, seperti menyiram tanaman, mengairi sawah atau kolam ikan, mencuci mobil, dan MCK (mandi, cuci, kakus).

“MCK bisa. Untuk suling water pendingin AC dan sebagainya, itu oke. Yang penting sudah tidak berbahaya,” kata Subekti.

Jadi alat pengolah limbah era Anies-Sandi ini bukan untuk mengolah air tinja jadi air minum, tapi jadi air bersih.

Berikut Video Ahok :


Sumber :

https://kaffah.net/abu-janda-dan-denny-nyinyir-soal-air-tinja-jadi-air-minum-ternyata-ahok-yang-ngomong/

https://www.merdeka.com/jakarta/ahok-ingin-seperti-di-luar-negeri-air-tinja-diolah-jadi-air-minum.html

https://metro.tempo.co/read/1092749/dirut-pal-jaya-air-hasil-pengolahan-tinja-tidak-untuk-dikonsumsi

Tinggalkan Komentar