Startup Robot Pembersih Sampah via Web

Sebuah proyek di Kickstarter sedang dalam misi membersihkan sungai Chicago menggunakan robot pembersih sampah yang dapat dikendalikan via internet. Robot bernama Trash Robot ini memungkinkan kamu mengontrolnya melalui halaman web.

Urban Rivers, startup yang merancang proyek ini membuat misi pembersihan sungai tampak seperti ajang kompetisi. Misinya adalah mengoleksi sampah sebanyak mungkin yang akan dikonversi menjadi poin.

Sebuah kamera juga dibenamkan agar pemain bisa melihat lokasi sampah dan mengambilnya dalam waktu yang terbatas. Bagi yang mendapat poin tertinggi, ia akan dinobatkan sebagai pemenang.

Namun untuk bisa merasakan kontrol robot, kamu harus membayar $10 atau Rp 140.000 untuk 12 menit durasi permainan. Hal itu dimaksudkan untuk memperbaiki prototipe robot serta menggalang dana pembuatan robot baru.

Urban Rivers mengatakan mereka butuh $10.000 atau Rp 140 juta untuk menambah jumlah robot. Saat ini pihaknya hanya punya satu unit saja yang dipakai berganti-gantian.

“Jika kami mendapatkan lebih dari $10.000 kami akan punya kemampuan untuk memiliki lebih dari satu robot di sungai, sekaligus penambahan aksesoris yang dipasang ke robot.” tulis Urban Rivers di Kickstarter.

Trash Robot generasi selanjutnya akan dibekali WiFi yang lebih kuat dan GPS. Namun proyek ini sendiri sangat berisiko, karena bisa saja robot dicuri atau dirusak oleh oknum tidak bertanggungjawab.

Jika di sungai ada Trash Robot, pembersihan samudera ditangani oleh Ocean Cleanup yang rencananya akan dimulai tahun ini.

sumber

 

 

Tinggalkan Komentar