Waspada! Google Bisa Merekan 4 Aktivitas Kita Di Internet

Kalian yang mengaku generasi millenial pasti enggak pernah lepas dari internet. Bagaimana tidak? Pergi ke tempat bagus langsung upload foto, melancong jauh sedikit update location. Ya, wajar sih anak zaman now melakukan hal itu karena tidak ada larangan untuk meng-update semua tentang diri asalkan tak berbau pornografi ataupun berkaitan dengan sara. Namun, sebenarnya ada hal yang tidak kalian sadari waktu meng-update apapun di internet. Ada yang diam-diam merekam semua aktivitas kalian selama berselancar di internet seperti yang dilansir boombasticom.

Siapa lagi kalau bukan si Google. Mesin pencarian terkenal yang satu ini ternyata punya keahlian untuk merekam data siapa saja. Bahkan, data yang didapat juga sangat detail ia peroleh. Pasti kalian penasaran kan apa saja data yang bisa didapat oleh Google. Yuk simak ulasan di bawah ini.

Buat yang suka bolos, wajib hati-hati nih

Google yang selama ini diketahui cuma sebagai mesin pencarian aja, ternyata bisa mendekteksi di mana keberadaan kita . Mungkin kalian berpikir pasti itu dideteksi lewat GPS atau Maps yang tertanam di handphone kita. Padahal, bukan kedua aplikasi itu saja lho Saboom yang bisa rekam di mana kita berada. Ada aplikasi lain yaitu instagram, chrome, uc browser dan lain sebagainya yang bisa mengetahui lokasi kita. Semua aplikasi itu bisa merekam lokasi karena email yang kita gunakan adalah gmail. Nah, gmail adalah layanan terima dan kirim pesan secara elektronik yang dimiliki oleh Google.

Lokasi akan terekam oleh Google [Sumber Gambar]

Jadi, secara tidak langsung semua aplikasi yang kita punya di ponsel pintar adalah kamera cctv di kehidupan sehari-hari. Sehingga, buat yang suka bolos, mulai sekarang jangan macam-macam deh. Mending rajin masuk sekolah biar masa depanmu cerah. Untuk yang kepo dengan semua tempat yang kalian kunjungi selama punya ponsel pintar, bisa dicek di sini https://www.google.com/maps/timeline?pb

Jangan suka browsing aneh-aneh, Google bisa menertawakanmu

Selain bisa mendeteksi lokasi di mana kita berada, Google juga dapat merekam aktivitas di mesin pencarian lho. Apapun yang kita cari, pasti tercatat di Google tanpa terlewat. Walaupun kita sudah menghapus history ataupun cache, hasil pencarian tetap saja tercatat di lemari mbah Google. Kalau kalian tetap saja berkelit, coba saja periksa di https://myactivity.google.com/myactivity, pasti hasil pencarian dari dulu sampai sekarang ada di sana.

Google menyimpan semua data hasil pencarian [Sumber Gambar]

Nah, jangan kaget kalau kalian menemukan keyword yang digunakan pada tabpenyamaran di sana. Sebab, tab penyamaran tidak untuk bersembunyi dari Google, tapi fungsinya adalah supaya tak terlihat dari jaringan internet yang kalian gunakan. Hayo, masih mau ditertawakan Google karena browsing yang aneh-aneh?

Bagi yang hobi instal aplikasi bajakan, kudu waspada nih

Memasang aplikasi bajakan di ponsel pintar memang menyenangkan. Sebab, hanya dengan cara itulah kita bisa menikmati aplikasi gratis tanpa perlu repot untuk keluarkan uang. Namun, mulai sekarang kita kudu hati-hati deh, lantaran Google ternyata tahu aplikasi apa saja yang terpasang pada ponsel pintar.

Mengetahui aplikasi apa saja yang pernah diinstal [Dokumen Pribadi]

Bahkan, bukan hanya aplikasinya saja lho, Google juga tahu tentang seberapa sering kita menggunakannya dan dengan siapa saja berinteraksinya. Jadi, untuk yang hobi menginstal aplikasi bajakan jauhi itu mulai dari sekarang. Bagi yang penasaran dengan aplikasi apa saja yang sudah pernah dipasang, coba lihat di tautan ini https://security.google.com/settings/security/permissions.

Untuk yang suka nonton video hot, bertaubatlah mulai dari sekarang

Jangan mengira kalau menonton suatu video di Youtube, enggak bakal ketahuan oleh orang lain. Meskipun kalian bersembunyi di bawah kasur sambil pakai headset, konten video yang kamu tonton tetap saja bisa diketahui. Bukan Tuhan saja, tapi mbah Google pun sudah melihat apa yang kalian tonton.

History youtube bisa direkam [Dokumen Pribadi]

Nah, bagi yang suka menonton vodeo khusunya kategori 17 tahun ke atas, yuk bertaubat mulai dari sekarang. Dekatkan diri kepada Tuhan biar dosa-dosa yang sudah tercatat di https://www.youtube.com/feed/history/search_history bisa terhapus dari sekarang. Jadi, sekali lagi jangan coba untuk membuka video yang tidak pantas untuk dilihat di internet kalau enggak mau pencarian kalian tersimpan di mbah Google.

Nah, itulah data-data yang bisa direkam oleh Google. Ternyata, hampir semua aktivitas kita di internet diawasi oleh mesin pencarian yang satu ini. Mulai dari lokasi hingga video yang sering kita tonton pun tercatat di koleksi Google. Jadi, kalau sudah tahu begitu, alangkah lebih baiknya kita untuk lebih berhati-hati dan tidak menggunakan internet secara sembarangan. Memang data-data ini aman disimpan oleh Google, tapi kita tidak akan pernah tahu kan kalau kedepannya data tersebut bisa disadap oleh orang yang tak bertanggungjawab.

Tinggalkan Komentar